Senin, 16 Januari 2012

cara memanajemen waktu

Leave a Comment

Apakah Anda merasa seperti Anda tidak pernah punya cukup waktu dalam satu hari? Apakah Anda tertinggal dalam tugas pekerjaan dan tugas-tugas sampai Anda merasa cemas dan kewalahan? Jika demikian, Anda perlu belajar bagaimana mengatur waktu Anda lebih efektif. Orang-orang yang sukses baik dalam pekerjaan maupun di rumah mengelola waktu mereka dengan baik. Salah satu langkah pertama menuju sukses manajemen waktu adalah untuk mulai mengidentifikasi bagaimana Anda menghabiskan waktu Anda.

Belajarlah untuk Mengatur waktu lebih Effectif
Tanyakan pada diri Anda “Bagaimana saya menghabiskan waktu saya?”. Ikuti langkah-langkah untuk belajar mengatur waktu Anda lebih efektif.
  1. Menggunakan selembar kertas, dan buat daftar tugas Anda.
  2. Memperkirakan berapa banyak waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan setiap tugas.
  3. Hilangkan tugas-tugas yang tidak perlu dari daftar Anda. Apakah Anda melakukan tugas-tugas ini karena Anda suka atau karena Anda merasa Anda harus? Beritahu orang lain jika perlu, menjelaskan bahwa saat ini Anda terlalu kewalahan, butuh pertolongan. Dengan Anda sudah membebaskan sejumlah besar waktu.
  4. Delegasikan beberapa tugas kepada orang lain. Apakah ada tugas pasangan Anda, anak-anak, atau rekan kerja yang bisa mengerjakannya? Berilah tanda cek di sebelah tugas yang akan Anda delegasikan, atau menyampaikan langsung kepada orang lain. Tulis nama mereka di samping setiap tugas yang Anda delegasikan.
  5. Prioritaskan tugas-tugas Anda dengan penomoran mereka dalam urutan terpenting. Jika Anda mengalami kesulitan menentukan apa yang paling penting, tanyakan pada diri Anda, apa yang perlu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dasar saya? Apa yang diperlukan untuk menjadi sukses di tempat kerja? Apakah saya memiliki tenggat waktu? Jika demikian, menentukan prioritas menjadi lebih mudah.

Membuat Sebuah Rencana Kerja
Setelah Anda membuat skala prioritas tugas-tugas Anda, buatlah rencana kerja untuk setiap tugas besar. Rencana kerja ini adalah daftar langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menyelesaikan tugas atau tujuan yang lebih besar.
Untuk membuat sebuah rencana aksi:
  1. Menentukan ukuran sukses untuk setiap tugas.
  2. Selanjutnya, daftar setiap langkah yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas.
  3. Menetapkan cara terbaik untuk menyelesaikan tugas. Pertimbangkan bereksperimen dengan metode yang berbeda dan meminta nasihat orang lain.
  4. Untuk menghemat waktu, cari cara untuk kerja multi-tugas, atau melakukan lebih dari satu hal sekaligus.
  5. Mengumpulkan orang-orang dan sumber daya yang Anda butuhkan untuk membuat rencana kerja Anda.
Setelah Anda membuat investasi yang signifikan tentang cara belajar untuk lebih mengatur waktu Anda. Lakukan yang terbaik untuk menindaklanjuti dengan rencana kerja Anda. Berbagi rencana dengan mentor atau supervisor Anda, revisi rencana jika perlu. Lihat ketika Anda merasa kewalahan. Dan, belajar untuk mengatakan tidak terhadap tugas-tugas baru.

Sumber : q-bonk.com
If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

0 komentar:

Posting Komentar